Mungkin selama ini tanpa kita sadari bahwa cara penyimpanan data-data kita masih bersifat konvensional, artinya masih tersimpan di hardisk. Tanpa pernah terpikirkan, suatu saat data kita tiba-tiba hilang karena alasan HARDWARE yang bermasalah, ataupun tanpa kesengajaan yang menyebabkan data kita hilang??? mau cari dimana juga pusing tujuh keliling, di recovery pun kadang juga tidak sepenuhnya berhasil…hehehhe….
buat kalian2 yang punya akun google, tidak usah pikir panjang2, ada fitur google drive bawaan google yang semula merupakan pengembangan dari google docs.

Google Drive adalah layanan cloud dari Google yang menyediakan ruang online untuk menyimpan segala berkas yang kita miliki. Dari foto, video, berkas kerja, PDF; apapun itu bisa dimasukkan ke dalam Google Drive. Google Drive sendiri terintegrasi dengan Google Docs, di mana berkas-berkas yang selama ini ada di Google Docs secara otomatis disimpan di Google Drive.

 

Ukuran ruang awal yang disediakan secara gratis adalah 5GB dan tersedia opsi memperbesar ruang hingga 1TB dengan skema pembayaran bulanan. Apa kelebihan Google Drive ketimbang produk cloud serupa?

  • Pertama, ini adalah buatan Google yang sudah terintegrasi dengan akun Google yang sudah ada. Kebanyakan dari kita yang sudah memiliki akun Google bisa langsung mengaksesnya.
  • Kedua, sekali lagi karena ini buatan Google, pencarian berbagai hal dengan berbagai kata kunci dan metode menjadi lebih mudah. Yang terakhir, pengguna Android kali ini mendapat prioritas untuk mengintegrasikan Google Drive ke ponselnya.

 

Untuk membuka fasilitas google drive ini, buka alamat link seperti ini https://drive.google.com/

Untuk mengintegrasikan google drive dengan data-data yang ada di dalam komputer kita, maka terlebih dahulu kita harus menginstall google drive software terlebih dahulu ke dalam PC / Komputer kita.


U
ntuk penjelasan dengan video, bisa dilihat di link dibawah ini :
[youtube]https://www.youtube.com/watch?v=1SjRH3SImlM[/youtube]